Pages

Kamis, 06 Juli 2017

BERBAGAI PENYAKIT SOSIAL AKIBAT PENYIMPANGAN SOSIAL

  • PENGERTIAN PENYIMPANGAN SOSIAL
Terjadinya perilaku penyimpangan sosial disebabkan gagalnya individu atau kelompok untuk mengidentifikasi diri. Perilaku yang menyimpang dapat berlangsung dalam lingkungan keluarga yaitu mengonsumsi narkoba dan menenggak minuman keras dan ada yang terjadi di lingkungan masyarakat, yaitu tawuran antar sekolah dan korps. Jadi dapat disimpulkan bahwa penyimpangan sosial adalah bentuk perbuatan yang mengabaikan nilai dan norma yang melanggar, bertentangan atau menyimpang dari aturan-aturan hukum.

  • SIFAT-SIFAT PENYIMPANGAN SOSIAL 
  1. Penyimpangan positif, yaitu penyimpangan yang memiliki dampak positif terhadap kehidupan, masyarakat umum maupun dirinya.
  2. Penyimpangan negatif, yaitu penyimpangan yang cenderung merugikan pelaku dan masyarakat. 

  • BENTUK PENYIMPANGAN SOSIAL
  1. Penyimpangan primer, yaitu bentuk penyimpangan sosial yang bersifat sementara dan masyarakat masih menolerir pelaku penyimpangan.
  2. Penyimpangan sekunder, yaitu perbuatan yang dilakukan secara khas memperlihatkan perilaku penyimpangan dan tindakan tersebut selalu meresahkan orang.
  3. Penyimpangan individu, yaitu penyimpangan yang dilakukan oleh seseorang dengan melakukan tindakan-tindakan yang menyimpang dari norma-norma yang berlaku
  4. Penyimpangan kelompok, yaitu penyimpangan yang dilakukan secara kolektif dengan cara melakukan kegiatan yang menyimpang dari norma-norma yang berlaku.

  • MACAM-MACAM PENYIMPANGAN SOSIAL
Penyimpangan sosial dalam keluarga dapat terjadi sebagai akibat proses sosialisasi yang tidak sempurna.
    • Penyalahgunaan Narkotika dan Obat-obatan terlarang
Narkotika adalah bahan (zat) aktif yang bekerja pada sistem saraf yang dapat menyebabkan   hilangnya kesadaran dan rasa sakit, serta dapat menyebabkan ketergantungan.
    • Alkoholisme/minuman keras
 Alkohol adalah cairan tidak berwarna yang dapat memabukkan dalam kebanyakan minuman keras. Nama lain alkohol adalah etanol, yaitu bahan psikoaktif yang dapat menyebabkan penurunan kesadaran.
    • Hubungan seksual di luar nikah
Dalam lingkungan masyarakat yang memegang teguh norma, perilaku seksual di luar nikah tidak dapat dibenarkan. Perilaku tersebut dikatakan sebagai perbuatan buruk yang sangat terlarang yang dapat merusak tata nilai yang berlaku dalam masyarakat
    • Penyimpangan seksual
Penyimpangan seksual merupakan salah satu bentuk perilaku yang menyimpang karena melanggar norma-norma yang berlaku, seperti homoseksual, lesbianisme, transeksual & homoseksual.
    • Perjudian
Perjudian (gambling) adalah bentuk kegiatan yang pemainnya bertaruh atau memasang taruhan. sesuatu yang dipertaruhkan dapat berupa uang, atau lainnya yang dianggap bernilai tinggi dalam suatu komunitas.

  • MACAM-MACAM PENYIMPANGAN SOSIAL DALAM MASYARAKAT
    • Tawuran
Perkelahian antar remaja sering disebut tawuran. Tawuran adalah bentuk penyimpangan sosial. Tawuran terjadi karena ulah beberapa pelajar yang meluas kepada banyak pelajar.
    • Prostitusi da pekerja seks komersial
Prostitusi atau pelacuran adalah pekerjaan yang berkaitan dengan penjualan jasa seksual untuk mendapatkan uang. seseorang yang menjual jasa seksual disebut sebagai PSK (penjaja seks komersial). Prostitusi dianggap penyimpangan sosial karena dapat merusak diri pelaku dan citra masyarakat.
    • Kriminalitas
Pelaku kriminalitas adalah seseorang yang melakukan perbuatan melanggar hukum dan norma-norma yang berlaku. Perbuatan kriminal disebut kriminalitas. Orang-orang yang berbuat kriminal seperti pencuri, pembunuh dll. 
    • Korupsi 
Korupsi berasal dari bahasa Latin, Corruption atau Corrumpere yang berarti buruk, busuk, rusak. Korupsi merupakan perilaku penyelewengan dari tugas tertentu yang disengaja dilakukan untuk memperoleh keuntungan.


Akhdiat Hendra. 2011. Psikologi Hukum. Bandung: CV Pustaka Setia



Tidak ada komentar:

Posting Komentar