Pages

Kamis, 28 Maret 2013

Faktor-Faktor Yang Mempengaruhi Sikap Terhadap Perubahan-Perubahan Dalam Perkembangan

PENAMPILAN DIRI   
           Perubahan-perubahan perilaku yang meningkatkan penampilan diri seseorang akan diterima dengan senang hati, dan mengarah kepada sikap yang menyenangkan, sedangkan perubahan-perubahan yang mengurangi penampilan diri akan ditolak, dan segala cara akan diusahakan untuk menutupinya.

PERILAKU
          Kalau perubahan-perubahan perilaku memalukan, seperti yang terjadi selama masa pubertas dan usia lanjut, hal itu akan berpengaruh pada sikap terhadap perubahan-perubahan yang kurang menyenangkan. hal sebaliknya terjadi kalau perubahan-perubahannya menyenangkan, misalnya ketika ketidakberdayaan masa bayi berkembang secara bertahap menuju kemandirian masa kanak-kanak

STEREOTIP BUDAYA 
          Dari media massa, orang mempelajari stereotip budaya yang dikaitkan dengan berbagai usia. dan stereotip ini dipakai untuk menilai orang-orang dalam usia-usia tersebut.

NILAI-NILAI BUDAYA 
          Setiap kebudayaan mempunyai nilai-nilai tertentu yang dikaitkan dengan usia-usia yang berbeda. karena produktivitas maksimum dikaitkan dengan kemudaan dari usia muda hingga pertengahan dewasa dalam kebudayaan Amerika saat ini, maka sikap terhadap kelompok usia ini lebih menyenangkan ketimbang sikap terhadap usia-usia lainnya.

PERUBAHAN PERANAN
Sikap terhadap orang dari bermacam-macam usia sangat dipengaruhi oleh peran yang mereka mainkan. kalau orang mengubah peran mereka, mereka kurang senang, seperti pensiun atau menjanda, maka sikap masyarakat terhadap mereka kurang simpatik.

PENGALAMAN PRIBADI
          Pengalaman pribadi mempunyai pengaruh yang besar terhadap sikap individu dalam menghadapi perubahan-perubahan yang terjadi dalam perkembangan. karena kewenangan dan kewibawaan para eksekutif usia  pertengahan menurun pada saat menjelang pensiun, sikap-sikap mereka terhadap ketuaan misalnya, menjadi kurang menyenangkan. sikap-sikap ini semakin dipertajam oleh sikap-sikap sosial yang kurang menyenangkan.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar